Tips Diterima Kerja di Alfamart Terbaru Tahun 2024

Alfamart merupakan salah satu Perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang retail, sehingga pentingnya mengetahui tips diterima kerja di Alfamart. Karena Perusahaan ini selalu membutuhkan karyawan setiap membuka cabang baru. 

Terutama bagi fresh graduated baru lulus SMA, sebaiknya bekerja di Alfamart untuk mencari pengalaman. Terlebih, bekerja di Alfamart akan mendapatkan gaji UMR. Cukup worth it untuk sekelas karyawan baru lulus SMA.

Namun, jumlah pelamar ke Alfamart cukup banyak. Karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan impian bagi fresh graduated. Sehingga kita harus bisa mengalahkan pesaing-pesaing kita. Agar bisa diterima kerja di Alfamart kamu harus lebih menonjol dari yang lain. 


Baca Juga : Tips Diterima Kerja di Indomaret



Tips Diterima Kerja di Alfamart

Bekerja di Alfamart bagi para fresh graduated sangat menyenangkan. Karena bekerja di tempat bersih, lingkungan ber-AC, system manajemen yang solid, gaji terhitung besar untuk seukuran fresh graduated. Sayangnya, tingkat persaingan cukup tinggi bila ingin bekerja di Alfamart. 

Pastikan kamu telah memiliki kriteria yang dibutuhkan oleh Perusahaan ini. Karena kini, Alfamart telah menggurita. Hampir semua daerah terdapat Alfamart. 

Bahkan tidak hanya menjual produk kebutuhan sehari-hari tetapi juga melayani segala macam pembayaran. Mulai dari Listrik, pulsa, BPJS, hingga beragam tagihan lainnya. 

Maka dari itu, Alfamart juga membutuhkan karyawan yang tidak hanya memiliki penampilan menarik tetapi juga harus pintar dan tidak gaptek. Berikut ini beberapa tips agar diterima kerja di Alfamart:


Peka Dengan Teknologi


Tips pertama yang harus kamu ketahui bila ingin diterima bekerja di Alfamart, perkaya dirimu sendiri dengan teknologi terkini. Mengingat, saat ini semua aktivitas dijalankan secara online. 
Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui perkembangan teknologi online. Karena nantinya kamu harus melayani berbagai macam kebutuhan konsumen. Salah satunya, melayani pesanan online. 
Hal ini merupakan bekal keterampilan yang harus kamu miliki. Jangan sampai konsumen tidak terlayani hanya karena kamu belum mengetahui tatacara pembayaran secara online melalui Alfamart. Hal ini bisa membuat konsumen kecewa. 

Tidak sedikit juga pramuniaga yang belum mengetahui teknologi online, sehingga konsumen tidak terlayani dengan baik. Padahal manajemen Alfamart telah beriklan bahwa Alfamart menerima segala macam transaksi online. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mengenal konsep Alfamart serta jenis pelayanannya agar tidak terlalu gugup di depan HRD bila tiba-tiba kamu ditanya mengenai Alfamart ini. 
Terlebih pertanyaan yang menyangkut dengan kecakapan teknologi yang diterapkan pada konsep jual beli atau transaksi di minimarket ini. 



Ramah Dan Sopan

Menjadi pribadi yang ramah akan disukai oleh setiap orang. Meskipun sifat ini bisa dibentuk, bukan dari keturunan. Kamu sebaiknya melatih diri sendiri untuk bersikap ramah kepada siapa saja. 

Tujuannya agar terbiasa bersikap ramah Ketika nanti menghadapi konsumen. Meskipun tidak/belum diterima bekerja di Alfamart, tidak ada ruginya memiliki sikap ramah ini, karena kamu akan disukai oleh banyak orang.  

Meskipun nantinya tidak diterima bekerja, memiliki sikap ramah dan pribadi yang hangat dan terbuka merupakan sikap yang teladan. Bahkan ini membuka peluang bagi kamu untuk mencoba kesempatan bekerja di Alfamart di lain waktu.  

Pembawaan diri yang ramah membuat seseorang lebih mudah berinteraksi dengan orang baru. Sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan. 

Apabila penjualan meningkat, tentu profit juga akan turut meningkat. Sehingga HRD akan mempertimbangkan hal ini saat proses recruitment dan kemungkinan besar akan diterima.


Pandai Merawat Diri

Menjadi seorang pramuniaga toko itu harus bersih, rapi, dan wangi agar konsumen nyaman dilayani oleh pelayan yang bersih dan menarik. Sehingga konsumen betah berlama-lama berbelanja di Alfamart tersebut dan otomatis bisa meningkatkan penjualan. 

Setidaknya penampilanmu lebih bersih. Penampilan bersih membuatmu terkesan professional. Bahkan ini menjadi nilai plus saat wawancara kerja nantinya.  HRD justru akan menilai penampilanmu pertama kali. Jadi bukan hanya skill yang dinilai oleh HRD tetapi juga penampilan. Berpenampilan bersih jauh lebih menarik walaupun tidak cantik atau tampan. 

Mini market Alfamart dikonsep sedemikian rupa sebagai mini market yang bersih dan nyaman. Hal tersebut berlaku untuk semua mini market Alfamart di berbagai daerah. Dengan demikian, harus memiliki pramuniaga yang bersih dan pandai merawat diri. 


Murah Senyum

Memiliki sikap ramah pasti akan murah senyum. Hal ini harus kamu miliki bila ingin menjadi pramuniaga di Alfamart. Sikap murah senyum merupakan sikap keterbukaan yang membuat konsumen terkesan. 

HRD akan terkesan karena murah senyum menandakan pribadi yang terbuka. Ini akan menjadi nilai tambah di mata HRD nantinya saat proses recruitment. Karena kamu akan dianggap layak untuk menjadi karyawan Alfamart. 

Tips ini terkesan sepele tapi percayalah bisa berdampak besar karena sikap murah senyum membuat lawan bicara kita merasa nyaman. Apabila kamu menjadi pramuniaga yang murah senyum, pasti konsumen akan puas.  HRD pasti langsung tertarik dengan pelamar yang murah senyum. Terlebih bila kamu akan ditempatkan sebagai pramuniaga, maka ini adalah modalmu bekerja nantinya.


Pintar Berkomunikasi

Pernah tidak, Ketika kita masuk ke Alfamart ditawari beragam promo menarik? Cara menawarkan seperti itu juga membutuhkan skill berkomunikasi. Pentingnya mengetahui hal ini agar promo yang ditargetkan bisa dijalankan. 

Kamu tidak perlu menjadi negosiator ulung, cukup menggunakan bahasa menarik dan sikap yang berkesan saat menawarkan promo ke konsumen. Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat dibutuhkan di sini. 

Komunikasi dengan baik harus dilakukan dengan HRD saat recruitment karena komunikasi dua arah membuat pembicaraan lebih hidup dan HRD merasa terkesan untuk menerimamu sebagai bagian dari Alfamart.

Meskipun kamu seorang fresh graduated SMA, kamu sebaiknya pintar berkomunikasi. Agar bisa membuat konsumen yang tidak jadi beli berubah pikiran untuk membelinya. 


Lulus Test Kerja di Alfamart

Tips utama tetapi ditempatkan di poin terakhir agar sebelum tes kamu memiliki perbekalan seperti yang dijelaskan pada poin-poin sebelumnya. Pastikan memiliki kriteria yang disebutkan di atas, agar kamu bisa lulus tes masuk berupa tes tulis dan wawancara. 

Sebelum membawa lamaranmu ke Alfamart, kamu harus memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Misalnya segi umur dan juga pendidikan, Alfamart akan menentukan umur dengan batas maksimal.
Misalnya persyaratan pelamar harus berusia 22 tahun, jadi bagi kamu yang berumur lebih dari umur tersebut sebaiknya urungkan niat bekerja di Alfamart.  Karena ini sudah menjadi patokan resmi yang tidak bisa diubah oleh management Alfamart. 

Tidak sedikit calon pelamar ditolak karena berusia lebih dari usia pelamar yang ditetapkan. Memang hal ini terkesan sepele tetapi HRD akan mempertimbangkannya lagi untuk menerima karyawan berusia lebih.

Mengingat, mini market membutuhkan orang-orang gesit dan cekatan serta berpenampilan menarik dan tidak membuat konsumen segan. Beda halnya bila pramuniaga memiliki usia lebih dari ketentuan.  
Banyak orang merasa kerasan berbelanja di Alfamart karena lengkap dengan berbagai fitur serta fasilitas canggih. Hal ini mendorong tim management Alfamart harus merekrut pegawai yang berkompeten, sehingga harus mengetahui tips diterima kerja di Alfamart.  

Post a Comment for "Tips Diterima Kerja di Alfamart Terbaru Tahun 2024"