Contoh Pidato Bahasa Sunda Yang Baik

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat, apalagi manusia merupakan makhluk sosial yang hidup di dalam ruang lingkup masyarakat. Salah satu alat dan bentuk dari sebuah komunikasi merupakan pidato, kita semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pidato bukan ? Orang yang menyampaikan dengan sebuah pidato biasanya menggunakan sebuah teks atau naskah yang biasanya akan dibacakan pada secarik kertas pada saat pidato berlangsung dan juga bisa digunakan sebagai pengingat saja. Hal-hal tersebut dimaksudkan agar poin-poin yang sudah dikonsepkan ketika di sampaikakan saat pidato tersebar semua secara benar dan teratur.

Dalam beberapa acara terkadang seseorang dituntut berpidato baik secara resmi maupun tidak. Hal itu bukanlah sebuah perkara yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik, hanya beberapa orang yang bisa melakukannya. Untuk melakukan pidato yang baik dibutuhkan beberapa persiapan yang baik diantaranya yaitu mempersiapkan naskah yang baik dan juga melatih bicara kalian secara umum dengan berbicara di depan kaca. 


Dalam pembawaannya pidato dapat menggunakan berbagai macam selain bahasa Nasional Indonesia seperti salah satunya pidato bahasa sunda. Namun jika berpidato dengan bahasa sunda kita juga harus menyesuaikan dengan mayoritasnya penduduknya orang sunda juga, jangan sampai jika kaliab berpidato bahasa sunda dengan penduduknya orang jawa.

Bagi kalian yang sedang mencari inspirasi dan rekomendasi materi tentang pidato bahasa sunda. Berikut kami dari skipnesia.net kami akan memberikan contoh pidato yang baik dan benar dibawah ini menggunakan bahasa sunda sehingga contoh pidato tersebut bisa menjadi materi pembelajaran bagi kalian yang mencari contoh pidato. Karena tak hanya bahasa Indonesia saja, mungkin anda mencari referensi contoh pidato sunda yang notabenenya agak sulit bagi orang yang di luar daerah Jawa Barat.


Contoh Pidato Bahasa Sunda


Assalamu’alaikum Wr. Wrb

Ibu guru anu ku simkuring dipihormat. Teu kalangkung rerencangan sadayana. Abdi bade ngucapkeun hatur nuhun ka Gusti nu Agung jeung ucap syukur. Abdi tiasa ngumpul di acara perpisahan dina ieu. Abdi salaku murid 12-B, bade ngucapkeun hatur nuhun ka sadayana. 

Bade perpisahan mungkin aya tarling atau kesenian Ti Sunda. Tarling eta singketan tina gitar suling, mimiti munculna di wewengkon Cirebon jeung Pantura jawa barat jaman Belanda, taun 1935-an. Tarling pepek ku sarupaning kamonesan. Kesenian ieu termasuk kesenian nu wajib dilestarikeun

Ulah sampe abdi poho jeung daerah urang.  lagu-lagu taling ngan ukur kadenge dina kaset . komo sangeus ditinggalkeun ku maestro-maestrona. Di acara perpisahan ieu, abdi bade ngucapken hatur nuhun ka sadayana. Mugi mugi abdi jeung rerencangan baturan lainna tiasa sukses jeung tiasa ngelanjutken kahidupan selesai sakola ieu.

Abdi salaku urang Sunda, berharap kesenian kos kieu tetap aya. Mugi mugi sedikit pidato abdi tentang perpisahan jeung kesenian tiasa di dengerkeun. Ulah sampe poho ka kesenian urang, hatur nuhun abdi tos dibere waktu pidato. Sukses selalu sadayana.


Wassalamualaikum Wr Wb



Itulah tadi referensi contoh pidato bahasa sunda yang wajib sekali untuk anda coba ketahui. Kami harap dengan adanya contoh tadi, anda bisa mendapatkan referensi dalam berbahasa Sunda. Khususnya untuk pidato mungkin ada kesulitan. Yang kami harapkan dari pidato ini, anda terus bisa berlatih untuk latihan. Jangan sampai anda tak mencoba untuk berlatih. Karena latihan agar percaya diri adalah bentuk usaha agar tak demam panggung.

Nantinya anda bisa lancar dalam berbahasa atau pidato di depan umum. Dengan adanya pidato ini, kami berharap agar anda bisa mendapatkan ilmu dalam pidato ini. Demikian informasi tentang contoh pidato bahasa sunda hari ini. Jangan lupa dishare bila bermanfaat ya!

Post a Comment for "Contoh Pidato Bahasa Sunda Yang Baik"